Jasa taman Jepang Surabaya kali ini akan membagikan satu ide taman yang menarik dan banyak digandrungi oleh masyarakat, khususnya yang tinggal di area Tropis seperti Surabaya. Ide taman tersebut adalah taman Jepang atau populer disebut sebagai Zen garden.

Zen garden adalah tipe taman yang terinspirasi dari Jepang. Taman Jepang banyak digandrungi karena tampilannya yang menenangkan.

Pengertian Zen Garden

Zen Garden dikenal sebagai ciri khas dari gaya arsitektur Jepang. Inspirasi taman ini sendiri tercipta dari kuil-kuil Buddha yang berada di Jepang.

Konsep ini juga mempunyai beberapa motif umum dengan simbolisme tersendiri. Terdapat dua elemen paling penting yakni batu dan pasir. Batu merepresentasikan pulau-pulau dan pasir yang diberi bentuk garis-garis melengkung dapat mempresentasikan air ombak. Dalam bahasa Jepang bentuk ini dikenal dengan nama kare-san-sui.

Inspirasi Taman Jepang Model Zen Garden

Indoor zen garden

Sebagaimana istilahnya, konsepĀ  taman ini diterapkan di dalam rumah. Sudut rumah yang mempunyai cahaya alami yang cukup baik bisa dimanfaatkan untuk menerapkan sebuah indoor zen garden. Kemudian Anda juga bisa menanam pohon disekitar batu kerikil untuk memberikan kesan hijau dalam rumah Anda.

Minimalist zen garden

Selain arsitektur gaya Jepang klasik, konsep minimalis zen garden tidak perlu menggunakan banyak ornamen untuk meluaskan lahan. Cukup penggunaan batu kerikil tetapi sesuai dengan konsep asli taman Jepang.

Japanese zen garden

Merupakan konsep taman yang menggunakan elemen-elemen tradisional, sehingga simbolisme zen tidak akan hilang. Taman Jepang ini sangat minim dengan penggunaan tanaman. Dengan gaya tradisional ini, penempatan batu dan juga pasir yang tepat akan membuat simbolisme pulau serta lautan tidak hilang. Ukiran kare-san-sui kepada pasir juga akan memperindah taman dan membawa hawa ketenangan.

Modern zen garden

Mengikuti konsep tradisional, modern zen garden mengambil beberapa elemen yang diadaptasikan secara modern. Contohnya dengan tetap menggunakan simbol pulau dan laut yang sangat tradisional. Dengan pencahayaan secara alami, tanaman juga dapat dipakai dalam desain modern.

Mini zen garden

Untuk membangun sebuah taman berdesain mini zen garden, Anda tidak memerlukan lahan yang besar, sudut kecil pun bisa Anda ubah. Bahkan dengan lahan kecil, semua unsur penting tetap bisa masuk, dari batu kerikil kecil, batu-batu besar, hingga lentera Jepang. Kemudian, untuk menambahkan kesegaran, Anda dapat menggunakan rumput Jepang serta tanaman lain.

Tips Membangun Zen Garden Jepang

Untuk membangun taman impian bergaya Jepang, Anda harus memfokuskan desain terhadap dua elemen penting, yakni batu kerikil atau pasir dengan bebatuan besar. Dua elemen ini merupakan basis dari simbolisme pulau dan juga lautan. Sebisa mungkin, material alami harus digunakan untuk menjaga keasrian Taman Jepang. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan ornamen lain yang masih bertema Jepang seperti patung ataupun lentera.

Jasa Taman Jepang Surabaya

Jika Anda tinggal di area Surabaya dan berminat membuat zen garden di rumah Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami Jasa taman Jepang Surabaya. Bersama para tenaga ahli kami yang telah berpengalaman, kami siap melakukan yang terbaik agar taman impian anda bisa terwujud.

Layanan Terbaik Jasa-Taman.com

Share Artikel Ini